Skip to content

Kulkas Anda Bau? Ini Solusinya! (Iklan Banget)

Juli 29, 2010
Hmm..seger!

Kulkas memang tempat penyimpanan segala makanan. Mulai dari sayur, daging, ikan, hingga makanan sisa semuanya masuk ke dalam tempat ini. Jangan heran jika sewaktu-waktu kulkas Anda akan mengeluarkan bau tak sedap. Apakah Anda mengalami hal yang serupa? Jika iya, berikut adalah solusi yang dapat Anda lakukan.

Bau tak sedap dari kulkas memang bisa muncul jika Anda lalai dalam membersihkan serta melakukan perawatan. Ya, bau dari benda-benda yang disimpan di kulkas akan mengendap dan menimbulkan aroma yang tak sedap.

Oleh sebab itu, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, bersihkanlah bagian dalam kulkas minimal satu bulan sekali dengan menggunakan cairan antiseptik yang aman untuk makanan. Sebaiknya tidak menggunakan sikat, keset, dan cairan alkali. Gunakanlah lap busa yang lembut untuk membersihkan dinding-dinding lemari es agar bakteri yang menempel hilang.

Kedua, jangan lupa melebur bunga es yang menempel pada dinding-dinding freezer, tapi ingat untuk tidak mencongkelnya dengan pisau atau benda tajam lainnya karena dapat merusak evaporator lemari es.

Ketiga, lepaskan rak-rak dalam kulkas ketika membersihkan dinding lemari es. Cuci menggunakan cairan antiseptik yang aman untuk makanan. Jika Anda telah selesai membersihkan bagian dalam, jangan langsung mengisinya kembali dengan makanan. Diamkan selama 20-30 menit dengan suhu stabil, baru boleh diisi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesegaran makanan agar tidak lembap.

Keempat, Anda juga harus memerhatikan lama penyimpanan makanan. Makanan-makanan yang mudah busuk (sayuran dan buah) biasanya 3-4 hari, ikan segar 1-2 hari, daging segar 4-5 hari, susu kurang lebih 3-7 hari, telur sekitar 2 minggu. Simpanlah makanan yang berbau tajam pada wadah tertutup sehingga aromanya tidak “mencemari” makanan lain.

Kelima, aturlah suhu di dalam kulkas sesuai kebutuhan, jangan menimpan makanan atau minuman yang panas di dalamnya karena dapat menyebabkan refrigerator bekerja keras untuk mendinginkan. Hal ini juga dapat menaikkan tagihan listrik Anda karena tenaga yang dibutuhkan juga meningkat.

Sumber: Majalah Kompas, Minggu, 25 Juli 2010

Hmm..aku belum punya kulkas…

From → Yang Lainnya

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: